6 Tips cara meningkatkan penjualan Toko Online

meningkatkan penjualan toko online

meningkatkan penjualan toko online

Usaha untuk meningkatkan penjualan Toko Online menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi netpreneur yang menggeluti bidang ini. Apalagi jika situs Toko Online yang dimaksud masih seumur jagung.

Mengapa demikian ?, karena di Indonesia kini masih menjadi ladang potensial untuk berdirinya Toko Online yang merupakan cabang dari Online store multi-nasional, contohnya seperti Rakuten, Lazadda, dll. Juga, selain cabang dari Toko Online internasional, situs Toko yang sudah ‘establish’ di Indonesia itu di topang oleh modal pendanaan yang cukup kuat misalnya BliBli.com, Bhinneka.com, dll.

Namun, apakah kita akan menyerah begitu saja ?, Jawabannya adalah tentu Tidak !

Toko Online yang didirikan dengan modal terbatas, bahkan sangat terbatas karena merupakan sistem dropship maupun reseller masih memiliki kemungkinan untuk tetap eksis dan maju. Pangsa pasar market online Indonesia sangat besar, bahkan dari tahun ke tahun di klaim memiliki pertumbuhan yang signifikan.

Dan, kabar baiknya adalah untuk menekuni bisnis Toko Online di Indonesia tidak membutuhkan sebuah keahlian khusus. Hanya butuh kemauan yang kuat untuk belajar dan menggali ilmu dari orang-orang maupun komunitas yang telah sukses sebelumnya.

[baca : Cara memulai bisnis online untuk pemula]

Ikuti saja langkah-langkah yang telah dilakukan para master atau bahkan juga sama-sama pemula namun sudah jalan terlebih dahulu. Bisnis online, apalagi dengan menggunakan Toko Online sangat mudah diaplikasikan karena basis konsumen-nya adalah kepercayaan.

Tugas seorang pebisnis hanya butuh mendatangkan pembeli pertama dan ‘melayani-nya bagaikan raja’, jika hal itu berhasil artinya adalah Online store yang dikelola telah bertambah satu konsumen tetap.

Cara meningkatkan penjualan Toko Online

Jika anda sebagai pebisnis yang mengelola Toko Online baik itu baru berdiri ataupun sudah beberapa tahun yang lalu, namun ingin meningkatkan  omzet penjualan, maka simak tips berikut ini :

1. Temukan produk Laris di Internet

Permasalahan mendasar bagi pebisnis online (pemula khususnya) adalah ‘malas’ atau bahkan belum tahu cara riset keyword yang tepat. Kesadaran akan arti penting penggunaan keyword atau kata kunci yang tepat masih kurang begitu diperhatikan.

Jika toko online anda menjual Tas Wanita misalnya. Tidak semua bentuk dan jenis Tas Wanita dicari oleh orang di Internet. Pengelola website Toko Online harus melakukan riset atas kata kunci spesifik yang digunakan. Tas Wanita seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

2. Integrasi dengan Sosial Media Marketing

Saat ini, bukan lagi jamannya strategi pemasaran online yang berdiri sendiri. Misalnya strategi SEO (mendatangkan pengunjung dari Search Engine), juga harus dipadu dengan tehnik penjualan yang menggunakan sosial media.

[baca : Cara membuat Toko Online di Facebook]

Namun, yang perlu diperhatikan adalah integrasi tersebut sejatinya harus didukung oleh aplikasi-aplikasi yang memudahkan. Bukan semakin memberikan beban. Hal itu untuk menghindari terjadinya ‘miss-management’ dalam proses service terhadap pelanggan.

Jika, membangun Online Store di sosial media termasuk Facebook masih dianggap merepotkan, maka jadikan sosial media tersebut ‘hanya’ sebagai penopang datangnya pengunjung potensial ke situs website Toko Online anda yang utama.

[baca : Cara jualan online di Facebook Tehnik FBdomination]

Kunci sukses integrasi jualan online menggunakan media jejaring sosial adalah “be social”, anda harus bersosialisasi secara natural. Boleh menggunakan tools atau aplikasi dan bahkan Bot, akan tetapi hal itu hanya bersifat membantu otomasi penjualan. Bukan untuk menggantikan peran anda dalam bersosialisasi.

3. Gunakan media Blog untuk mendatangkan pengunjung

Sebagaimana diketahui bersama bahwa website Toko Online dengan tingkat keamanan yang baik atau kategori “sccure” itu biasanya dibangun sebagai website statis atau. Artinya, platform yang digunakan khusus menggunakan CMS (Content Management System) khusus online store.

[baca : Cara mudah membuat toko online]

CMS semacam ini memiliki kelebihan mudah di-organize dan user friendly. Meskipun platform web Toko Online tersebut di-klaim sebagai SEO friendly atau mudah di indeks (indexable) oleh Search Engine populer seperti Google dan Bing, akan tetapi jika menganut konsep teori SEO secara umum, kemampuan-nya untuk muncul di halaman pertama Google SERP masih kalah dengan platform web 2.0 atau blog.

[yang belum paham, silahkan belajar ke Master SEO Indonesia]

Oleh karena itu, sebuah Toko Online yang ideal harus memiliki media blog yang disarankan juga menggunakan nama domain yang sama dengan website utama namun menjadi sub domain dari alamat domain utama, contohnya “NamaBlog.NamaTokoOnline.com”.

4. Belajar pada Guru dan Master Toko Online

Guru dan/atau master Toko Online yang dimaksud disini bisa dari berbagai macam asalnya. Bisa melalui e-book, melalui kursus online, melalui workshop dan lain-lain. Intinya, belajar dari pengalaman pebisnis toko online yang sudah sukses mengelola online store di Indonesia sangatlah penting untuk meminimalisir kegagalan sama dengan yang telah dilakukan oleh master tersebut.

Siapa guru Toko Online di Indonesia ?,

Jawabnya sangat banyak sekali. Akan tetapi disini ada nama Yasirli Amri, yakni seorang pelaku bisnis online yang memfokuskan diri di Toko Online, dimana ia telah membuka pada publik bahwa pendapatannya dari Toko Online mencapai angka 500 ribu per-hari.

Memang, mengkin ada orang diluar sana yang pendapatan hariannya jauh diatas Yasirli Amri. Akan tetapi bagi kita yang (mungkin) belum mencapai titik penghasilan harian secara online  sebesar itu, pendapatan Yasirli Amri cukup “Lumayan”🙂, dan tentunya patut kita dengar nasihat dan saran-sarannya.

Ingin mendapatkan tips dari Guru Toko Online Indonesia ini ?, Oke, download aja gan😀

[download e-book premium : Tips sukses bisnis Toko Online ala Yasirli Amri]

Belajarlah dengan baik, ikuti nasihat dan petunjuknya. Jika anda ingin mengubah hidup, berusaha memiliki penghasilan yang memadai secara online, terlilit hutang, belum punya rumah, ingin punya mobil, ingin melanjutkan kuliah, dll.

Yakinlah, insyaAllah ada jalan kemudahan bagi orang-orang yang mau berusaha dan belajar🙂

5. Fokus Jualan, Outsource-kan tugas lainnya

Iya benar, dalam hal ini jangan berusaha menjadi “Tuhan” dengan mengambil alih semua tugas untuk dikerjakan sendiri. Jika ada modal, sisihkan untuk investasi menggunakan jasa orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas yang selain atau tidak berhubungan dengan aktivitas menjual.

Seperti halnya jika anda butuh artikel untuk mereview berbagai produk yang anda jual, untuk menghemat waktu, gunakan saja Jasa review produk. Dan, juga jika butuh desain untuk memberikan penampilan yang baik atas tampilan website ataupun produk Toko Online anda, gunakan saja Jasa desain online misalnya.

Jadi, berusahalan untuk berbagi peran dan membentuk kerjasama dengan bidang-bidang bisnis lainnya.

6. (A Faktor), Perbanyak sedekah

Iya benar, tidak bisnis offline atau bisnis online di internet. Sedekah memang merupakan salah satu cara cepat untuk menemukan berbagai solusi atas permasalahan hidup, termasuk jika anda berbisnis, insyaAllah sedekah yang ikhlas hanya untuk Allah SWT akan meningkatkan omzet penjualan pada bisnis anda.

Pertanyaannya, jika anda sendiri masih belum ‘ada’ untuk sedekah, maka sedekah bisa dilakukan dengna apa saja. Dengan informasi, membantu orang lain, sholat dhuha dan tahajud, dan lain-lain.

Intinya, kita harus me-lobi Sang-Pemilik Rejeki yaitu Allah SWT agar sekiranya bersedia memberikan curahan dan limpahan rejeki pada kita. Itu saja, jadi jangan abaikan faktor Allah ini, meskipun dalam bisnis online sekalipun.

 

Terimakasih, semoga bermanfaat. Dan juga, semoga setelah membaca goresan “keyboard” saya ini, omzet penjualan Toko Online anda meningkat. Amin, Amin Ya Rabbal Alamin🙂

Pos ini dipublikasikan di Tips dan Cara dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s