Cara memulai bisnis online untuk pemula

memulai bisnis online

memulai bisnis online

Untuk kesekian kali, mari kita ‘ngobrol’ tentang cara memulai bisnis online untuk pemula. Ada tiga ide dasar dalam pembicaraan ini, yaitu ‘cara’ adalah sebuah teknik dan strategi untuk melakukan suatu hal, ‘bisnis online’ adalah bentuk dari usaha bisnis yang dijalankan menggunakan via internet, dan ‘pemula’ adalah sebuah tingkatan basic dari skala level kemampuan (skills).

Pemahaman tentang ide dasar tersebut akan membimbing kita untuk menemukan sebuah jawaban yang relevan tentang ‘sebuah upaya menjalankan kewirausahaan menggunakan media internet untuk seseorang dengan level kemampuan dasar’.

Cara memulai bisnis online

Tips dan trik tentang cara mendapatkan uang melalui bisnis online khususnya bagi pemula banyak sekali beredar di internet, ratusan bahkan ribuan. Dan dari sekian banyak artikel tersebut, juga berisikan substansi konten yang berbeda-beda pula, mengapa ?, hal tersebut tentunya tergantung dengan pengalaman dan proses yang dijalani penulis bersangkutan.

Mana yang benar ?, mana yang baik untuk dilakukan pertama kali seorang pemula ?, jawabnya adalah semua baik asal halal dan tidak merugikan orang lain. Dan, semuanya bisa dilakukan oleh seorang pemula asalkan ada kemauan untuk belajar, mencoba dan mempraktekkannya.

Namun, ada sebuah catatan yang ‘sangat-sangat penting’ dalam mengawali sebuah bisnis online, dimana catatan ini bukan berasal dari saya yang notabene juga masih pemula, akan tetapi kerap kali disampaikan oleh para master dan guru internet marketing, bunyinya demikian,

Belajar secukupnya dan start Action lalu fokus, belajar lagi, action lagi dan fokus terus. Berusaha terus dan terus, lagi dan lagi sampai tercapai tujuan bisnis.

Redaksional nasihat dari guru-guru bisnis internet antara satu dengan yang lain tentunya berbeda dan tidak sama persis. Namun, setelah saya ambil kesimpulan dari berbagai ide dan konsep berpikirnya, maka saya mendapatkan sebuah pernyataan diatas.

Belajar itu penting, mengetahui sesuatu hal itu pula sangat penting bahkan aktivitas tanpa ilmu sama halnya kita berada di tengah lautan tanpa mengetahui kemana harus berlayar dan berlabuh. Namun, hanya tenggelam dalam proses belajar dan ingin tahu tanpa berusaha untuk mengayunkan kaki dan ‘action’, juga tidak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Mulai belajar bisnis online

Setelah pondasi berpikir tentang konsep bisnis online kita pahami, maka sudah saatnya untuk segera memulai dengan berbagai langkah sederhana, se-bisa-nya, se-mampu-nya namun harus mantap penuh keyakinan dan keseriusan.

1. Mulai dengan membuat blog

Teknik bisnis online yang paling mudah untuk diaplikasikan adalah dengan mulai membuat sebuah blog. Blog merupakan platform web 2.0 yang hingga kini dinilai masih paling dinamis dan ampuh untuk menjangkau audience dengan kriteria spesifik sekalipun.

Blog dapat dibuat menggunakan dan memanfaatkan penyedia jasa hosting gratis semacam blogger.com ataupun wordpress.com. Melalui blog dengan platform gratis tersebut diharapkan kita mulai belajar untuk menjadi penulis freelance dan bertukar pendapat dengan komunitas blogger lainnya.

Menggunakan blog gratisan tersebut, apa yang akan kita tuliskan ?, dalam hal ini sangat disarankan seorang blogger menuliskan tentang apa yang disukai dan diminati. Dengan demikian, menuliskan hal-hal yang sesuai dengan ‘passion’ akan lebih memiliki ruh dibandingkan artikel-artikel dengan tema galau😦

Lantas, bagaimana dengan ‘revenue stream’ (alur pendapatan) seseorang blogger dengan blognya tersebut. Awalnya, mengalir saja, dan jangan terlalu fokus pada pendapatan. Menulis dan menulis saja hingga blog tersebut mendapatkan basis pembaca setia.

Dan selanjutnya, blog tersebut bisa mendapatkan penghasilan melalui bisnis affiliasi sebagaimana telah diurai pada artikel sebelumnya yang berjudul Cara mudah mendapatkan uang di internet. Selain itu ?, menawarkan jasa sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Stop, jangan memandang sebelah mata atas apa yang kita bisa, atas kemampuan kita (yang mungkin) tampak sederhana.

Internet adalah sebuah fenomena yang dapat menghubungkan antara kebutuhan dan pemenuhan. Bisa saja, kemampuan anda atas sesuatu hal dipandang sangat sederhana, namun ternyata, jauh di ujung sana ternyata justru ada yang membutuhkan skills semacam itu. Oleh karenanya, tampil saja percaya diri dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

2. Membuat Toko Online shop

Sekali lagi, pilihan berada ditangan anda. Jika keinginan berbisnis online telah mantap, maka keputusan untuk mengoptimalkan resources (sumber daya) berupa modal uang, waktu dan tenaga adalah hal yang dinilai tepat.

Membuat Toko Online juga sangat tepat bagi orang-orang yang telah memiliki bisnis jual beli secara konvensional di dunia offline. Itu artinya, Online store tersebut ditujukan untuk membuka pasar yang lebih luas dengan menjangkau konsumen tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu.

Apakah hal ini membutuhkan sebuah kemampuan khusus tentang web programming ?, tentunya iya. Namun kini, telah banyak terdapat berbagai tools yang memudahkan terwujudnya mimpi untuk memiliki Toko online.

[Baca : Cara mudah membuat Toko Online]

Dan, selain tools-tools yang telah banyak tersedia gratis maupun berbayar untuk membangun website Toko Online, juga banyak sekali penyedia jasa desain website dengan kemampuan memadai dan banderol harga terjangkau.

Mulai melangkah !

Sederhana bukan konsep bisnis online untuk pemula itu ?, nah, sekarang waktunya start action dan mulai melangkah menentukan pilihan tipe bisnis internet yang sesuai dengan diri anda. Apakah menggunakan media blog (gratis/berbayar) ataukah dengan menggunakan media Toko Online.

Pos ini dipublikasikan di Tips dan Cara dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Cara memulai bisnis online untuk pemula

  1. Ping balik: [download] Bagaimana cara promosi di facebook yang efektif ? | Bisnis Kita

  2. Ping balik: Belajar cara berbisnis online, yuk ! | Bisnis Kita

  3. Ping balik: Cara mendapatkan uang di internet tanpa modal | Bisnis Kita

  4. Ping balik: 6 Tips cara meningkatkan penjualan Toko Online | Bisnis Kita

  5. Ping balik: 5 Tips cara kerja freelance online di Internet | Bisnis Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s