Cara belajar membaca alquran dengan baik dan benar

belajar membaca alquran

belajar membaca alquran

Belajar membaca alquran dengan baik dan benar merupakan sebuah keniscayaan bagi seorang muslim. Quran sebagai kitab suci umat Islam mengandung berbagai hikmah didalamnya. Agama Islam memberikan sebuah ajaran agar menjadikan alquran sebagai gaya hidup, tujuan hidup dan pegangan hidup agar selamat dunia dan akhirat.

Konsep kemanusian jika dilihat dari perspektif alquran sejatinya adalah seorang makhluk yang butuh sebuah pedoman. Jadi siapa saja yang mengaku muslim dan mukmin, yakni beragama Islam dan beriman akan adanya Allah SWT sebagai pencipta alam semesta maka sudah semestinya mampu membaca alquran dengan baik dan benar.

Kapan sebaiknya mulai belajar Al-qur’an ?, Idealnya, seseorang ketika mencapai usia baligh/dewasa telah mampu membaca alquran secara tartil. Tilawah bukan harus menyenandung-senandungkan alquran. Tetapi lebih fokus pada ketepatan makhrojul khuruf-nya dan Tajwid-nya.

Jika Usia baligh sudah diharapkan mampu baca quran dengan baik dan benar maka sebaiknya Al-quran dikenalkan pada anak-anak sejak dini. Anak-anak harus mulai terbiasa belajar dan membaca Alquran dengan senang hati. Kecintaan mereka harus dipupuk dan dimotivasi, bukan sebaliknya dihantui rasa takut dan ancaman.

Cara belajar membaca alquran

Banyak cara belajar membaca Alquran yang dikembangkan dengan menggunakan berbagai metode. Metode belajar baca quran yang paling populer di TPA adalah metode Iqra’.

Namun, apapun metode yang digunakan dalam belajar membaca alquran pemula, anak-anak maupun untuk orang dewasa terdapat SATU hal penting paling mendasar yang perlu mendapat perhatian bagi para pembelajar (murid).

Satu hal penting tersebut adalah HARUS ada seorang guru. Maksudnya adalah seorang guru berfungsi untuk meluruskan kesalahan baca makhrajul khuruf maupun kesalahan tajwid. Karena jika tidak terdapat seorang guru, dikhawatirkan kesalahan tersebut berlarut-larut dan menjadi sebuah kebiasaan.

Sebagaimana Alquran itu sendiri yang turunnya secara berangsur-angsur diwahyukan pada Rasulullah, maka belajar membaca alquran juga harus step-by-step. Bukan lambat, tapi harus kontinu dan terus menerus secara istiqomah.

Tips belajar Qur’an pemula, anak-anak dan untuk dewasa :

  1. Pilihlah seorang guru dengan bacaan makhraj dan tajwid yang baik dan fasih. Tidak penting apakah seorang guru tersebut mengajar secara gratis atau ‘membayar’. Utamakan kualitas seorang guru/ustadz/ustadzah.
  2. Tidak perlu berpikir (dan berharap) cepat bisa. Berpikirlah dan berharaplah untuk dapat bisa membaca dengan tartil sesuai kaidah tajwid.
  3. Sering-seringlah mengulang pelajaran yang telah diajarkan oleh Guru/Ustadz. Diutamakan selepas sholat (sholat subuh sangat diutamakan karena suasana hening dan pikiran masih segar).
  4. Jika memiliki budget lebih, bisa menginvestasikan sebagian dana untuk melengkapi proses belajar Quran dengan berbagai alat bantu seperti, Digital pen Qur’an atau Quran Readpen Wireless atau pun MP3 Pen Alquran dan sejenisnya.

Jika belajar membaca alquran diniatkan ‘Bismillah’ lillahita’ala, insyaAllah kendala usia tidak menjadi masalah. Biarpun anda telah lanjut usia karena berbagai faktor masa lalu (kesibukan, muallaf, dll.) dengan semangat ibadah InsyaAllah proses belajar menjadi mudah dan ringan.

Pos ini dipublikasikan di Tips dan Cara dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Cara belajar membaca alquran dengan baik dan benar

  1. Ping balik: Strategi mencari promo tiket pesawat murah | Bisnis Kita

  2. Ping balik: Cara mudah mendapatkan uang dari internet | Bisnis Kita

  3. yogi berkata:

    ayat-ayat Allah memang terbukti kebenarannya🙂 , kalian tahu kalo ada aplikasi pencari lafaz Alquran menggunakan huruf latin? meskipun panjang pendek dsb tidak tepat asal pengucapan benar dalam tuliasan bisa ketemu looh😀 silahkan coba http://apps.cs.ipb.ac.id/lafzi/web/ terimakasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s